Apa Penyebab Ketombe yang Mengganggu?

16 Oct 2015

Ketombe adalah kondisi kronis dari kulit kepala yang ditandai dengan adanya serpihan berwarna keputihan pada kulit kepala. Walaupun ketombe tidak masuk dalam kategori penyakit serius, namun bisa mengganggu penampilan sehingga perlu perawatan intensif. kosmetik herbal dalam bentuk sampo bisa membantu mencegah dan mengatasi ketombe. Agar Anda bisa mengenal lebih dekat dengan masalah kulit kepala ini, simaklah pemaparannnya berikut ini.

 

Gejala Masalah Ketombe

Masalah ketombe muncul dengan berbagai macam gejala yang mudah sekali dilihat, seperti adanya serpihan berwarna keputihan pada kulit kepala, munculnya titik-titik putih pada rambut dan bahu, serta rasa gatal yang kadang tidak tertahankan. Kondisi ini makin diperparah saat temperatur udara panas dan matahari sedang terik.

 

Penyebab ketombe cukup beragam, seperti;

 

Kulit kering

Ini adalah salah satu penyebab ketombe yang paling sering ditemukan. Seseorang yang memiliki kulit kering mempunyai potensi lebih besar mengalami ketombe. Kondisi udara yang dingin lalu disertai dengan ruangan yang terlalu panas juga bisa memicu rasa gatal dan kulit mengelupas.

 

Iritasi dan Kulit Berminyak (Seborrheic Dermatitis)

Kondisi ini juga menjadi salah satu penyebab dari ketombe yang ditandai dengan kulit kepala kemerahan, berminyak, dan kepala dipenuhi oleh serpihan berwarna keputihan.

 

Jarang Membersihkan Rambut

Malas membersihkan rambut dengan menggunakan sampo juga menjadi penyebab ketombe karena minyak dan sel-sel kulit yang ada di kepala terus bertambah.

 

Penyakit Kulit

Seseorang yang memiliki penyakit kulit seperti eczema yaitu kondisi peradangan kulit kronis atau psoriasis atau kondisi kulit yang ditandai dengan penambahan sel-sel kulit mati, kering dan kasar bisa membentuk kulit kepala yang tebal sehingga ketombe muncul.

 

Sensitif Terhadap Produk Perawatan Rambut

Terkadang, bahan-bahan tertentu yang ditambahkan dalam produk perawatan kulit dapat menyebabkan kulit kepala menjadi gatal dan kemerahan. Memakai sampo terlalu sering atau menggunakan terlalu banyak produk styling untuk rambut juga bisa membuat kulit kepala iritasi yang pada akhirnya menjadi penyebab ketombe.

 

Jika Anda sedang bermasalah dengan ketombe, Anda bisa menggunakan obat-obat tradisional , contohnya kosmetik herbal dalam bentuk sampo Redkank. Pencuci rambut dari Redkank ini bisa membantu membersihkan rambut dan mengurangi rasa gatal pada kulit kepala yang menjadi penyebab ketombe. Sampo ini dibuat dari 100 persen bahan alami dan memiliki sertifikat dari BPOM sehingga aman digunakan. Segera hubugi nomor telepon (021) 666 755 65 - 0857 15 888 555 dan 087 888 888 555 - 0822 11 888 555, atau mengunjungi Gedung Amanyak Jalan Pluit Selatan Raya Jakarta Utara sekarang juga!

 

Sumber:

  • mayoclinic.org/diseases-conditions/dandruff/basics/definition/con-20023690
  • medicalnewstoday.com/articles/191260.php

Diakses pada tanggal 11 Oktober 2015