Kebiasaan Yang Salah Memicu Kegemukan

01 Jun 2015

Obesitas merupakan kondisi dimana seseorang memiliki jumlah lemak tubuh yang melewati kadar toleransi yang diperlukan tubuh sehingga kelebihan lemak tersebut tersimpan dalam beberapa bagian tubuh seperti perut, paha, betis, dan lain sebagainya.

Obesitas merupakan momok yang menakutkan tidak hanya bagi pria namun juga wanita. Selain kehilangan rasa percaya diri ternyata berbagai penyakit dapat muncul karena faktor kegemukan itu sendiri. Ada beberapa penyebab terjadinya obesitas antara lain:

 

Faktor genetik

Ini merupakan faktor dasar yang membawa dan memicu kegemukan bagi seseorang. Jadi, jika ada anggota keluarga Anda yang memiliki riwayat obesitas, maka Anda memiliki risiko yang lebih tinggi menderita  obesitas dibandingkan dengan mereka yang tidak. “Tapi  faktor genetik juga berhubungan dengan masalah gaya hidup yang kurang sehat,” kata dr. Inge. Sebab jika ada anggota keluarga Anda yang memiliki masalah obesitas yang disebabkan karena hal tersebut, maka hal itu juga akan memengaruhi Anda.

Kekurangan Tiroid

Kekurangan kadar tiroid akan membuat lemak dalam tubuh sangat susah untuk dicairkan atau dibakar sehingga penumpukan lemak terus terjadi. Kekurangan tiroid dalam tuuh juga berdampak pada nafsu makan yang meningkat apalagi pada jenis makanan yang mengandung lemak tinggi. Peristiwa ini lebih sering dialami oleh wanita yang mengakibatkan pada lambatnya pergerakan metabolisme dalam tubuh.

 

Kekurangan Asam Lemak Esensial

Wanita memang cenderung mengalami masalah dengan kegemukan. Apalagi jika tubuh mengalami kekurangan lemak baik seperti asam lemak esensial penghasil hormon yang berfungsi merawat dan mempertahankan metabolisme dalam tubuh.

 

Pada Masa Menopouse

Masa menoupouse atau masa sudah tidak menstruasi lagi pada wanita biasanya menurunkan produksi hormon yang dimiliki. Pada sebagian wanita yang sudah menopouse, nafsu makan mereka menjadi meningkat. Hal ini lah yang nantinya berpengaruh pada berat badan yang dimiliki.

 

Mengalami Gangguan Kartisol

Peningkatan produksi hormon kartisol berdampak pada meningkatnya penumpukan lemak dalam tubuh khususnya pada bagian perut, wajah, atau pundak. 

 

Menggunakan Alat Kontrasepsi

Wanita yang mengonsumsi obat kontrasepsi atau pil KB cenderung mengalami kegemukan pada tubuhnya. Hal ini karena adanya pergantian hormon dan juga terjadi peningkatan hormon sehingga berpengaruh pada nafsu makan yang mneingkat.

 

Gula Darah Tidak Seimbang

Nafsu makan yang meningkat dan tidak terkendali mengakibatkan pada gula darah yang tidak seimbang. Hal ini mengakibatkan berat badan menjadi meningkat. Peningkatan kadar insulin dalam darah membuat seseorang menjadi sering lapar dan selalu berhasrat ingin makan.

 

Sedang Hamil atau Menyusui

Wanita yang sedang hamil atau menyusui biasanya mengalami kenaikan berat badan yang cukup signifikan. Hal ini karena wanita selalu menerima makanan untuk memenuhi asupan nutrisi bagi wanita itu sendiri dan sekaligus kebutuhan janin dalam kandungan. 

 

Namun dibalik penyebab itu semua, obesitas dapat terjadi akibat kesalahan-kesalahan yang dilakukan orang antara lain:

  1. Mengkonsumsi makanan berkadar lemak rendah dalam jumlah yang berlebih. Ini dikarenakan adanya slogan makanan bebas lemak atau rendah lemak. Sehingga kita tidak sadar telah mengkonsumsi makanan berkadar lemak rendah  tersebut dalam jumlah yang berlebih. Sehingga memicu kegemukan tubuh.
  2. Melakukan program diet tanpa pernah melibatkan ahli gizi. Karena dengan melibatkan ahli gizi tersebut dapat memberikan alternatif beberapa makanan yang sangat di perlukan selama melakukan program diet yang anda lakukan. Sehingga program diet yang anda lakukan dapat sesuai dengan yang anda harapkan.
  3. sering berkurangnya jam tidur malam yang anda lakukan. Dalam hal ini, memiliki kebiasaan tidur kurang dari 8 jam sehari atau setiap malamnya. Berkurangnya jam tidur malam anda dapat mengakibatkan penimbunana lemah berlebih di tubuh anda. 
  4. mengkonsumsi atau meminum minuman bersoda dalam jumlah yang berlebih. Dalam hal ini, minum satu atau dua kaleng soda perharinya akan meningkatkan resiko kegemukan pada tubuh anda.
  5. makan dengan sangat terburu-buru. Ini dikarenakan, makan dengan terburu-buru dapat menambahkan 66 kalori dalam tubuh seseorang dibandingkan mereka yang makan dengan perlahan-lahan.
  6. suka makan dengan porsi yang berlebih tanpa menghiraukan kemampuan perut. Ini merupakan kebiasaan buruk yang jelas akan menyebabkan kegemukan dalam tubuh anda dalam waktu yang sangat singkat.
  7. sedikit mengkonsumsi air terutama air putih. Ini dikarenakan, air dapat membantu kerja metabolisme dalam tubuh anda. Minum enam gelas air perharinya mampu mengurangi 50 kalori di tubuh anda. Sehingga akan mampu menghindarkan anda dari kegemukan itu sendiri.

 

 

Penulis:  Lihgga Yuliana

Diolah dari berbagai sumber