Antioksidan, Mengapa Anda Membutuhkannya?

24 Jun 2015

Banyak yang mengatakan jika Anda ingin cantik maka perbanyak konsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Apakah ada hubungannya cantik dengan antioksidan? Kini tidak hanya masalah kesehatan yang membutuhkan antioksidan namun kecantikan juga dikaitkan dengan antioksidan. Pentingnya antioksidan bagi tubuh memang hal yang nyata demikian juga untuk menjaga penampilan Anda. Antioksidan merupakan zat yang memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh. Zat ini mampu mencegah radikal bebas yang bisa merusak kulit dan kesehatan tubuh. Antioksidan merupakan zat yang bermanfaat untuk melindungi sel-sel tubuh Anda. Efek radikal bebas memang sangat berbahaya karena itu antioksidan dijadikan cara terbaik untuk mengatasinya.

Namun, sekalipun antioksidan sangat penting bagi tubuh, konsumsi zat ini juga harus dengan takaran tertentu. Antioksidan yang dikonsumsi dalam tubuh harus aman, tidak mengandung bahan kimia jika antioksidan tersebut didapatkan dari luar tubuh. Ada cukup bayak suplemen atau produk yang mengatasnamakan antioksidan. Sumber antioksidan bisa didapatkan dari makanan disekitar Anda. Jadi, sangat baik jika Anda mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung antioksidan dari alam dibandingkan dengan konsumsi antioksidan berupa suplemen. Bagi wanita, mereka pasti menginginkan tetap terlihat cantik alami dengan manfaat antioksidan.

Berikut beberapa pentingnya antioksidan bagi tubuh manusia.

  1. Mencegah radikal bebas

Radikal bebas bisa merusak struktur DNA sehingga bisa menyebabkan daya tahan tubuh manusia melemah. Jika terjadi demikian maka bisa menimbulkan berbagai penyakit terutama penyakit kanker. Radikal bebas bisa merusak sel-sel dalam tubuh yang bisa terlihat pada wajah, kulit dan bagian-bagian tubuh lain. Radikal bebas yag mengenai sel tubuh secara terus-menerus bisa menimbulkan kematian.

  1. Mencegah dan mengatasi kerusakan pada sel

Dengan mengkonsumsi antioksidan yang cukup, kerusakan sel bisa dicegah dan diatasi dengan mudah. Sel-sel yang rusak akibat radikal bebas atau zat kimia lainnya, bisa terlindungi dan pulih dengan antioksidan. Pentingnya antioksidan bagi sel karena jika sel tubuh rusak, hal ini bisa menimbulkan berbagai penyakit.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Ingin kulit yang cantik dan sehat alami, pastikan Anda mencukupi kebutuhan antioksidan. Antioksidan melindungi kulit dari radikal bebas yang bisa merusak kulit terutama wajah. Dengan antioksidan masalah kulit karena polusi dan sinar matahari bisa teratasi dengan mudah.

  1. Mencegah penuaan dini

Dengan antioksidan, Anda bisa tampil lebih muda dan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini. Banyak yang percaya pentingnya antioksidan adalah untuk mencegah keriput dan menjaga kulit lebih kenyal dan sehat sehingga seseorang bisa terlihat lebih muda.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat antioksidan tersebut, cara terbaik adalah mengkonsumsi sumber makanan yang bisa didapatkan dengan mudah. Ada cukup banyak makanan yang mengandung antioksidan diantaranya adalah buah  strawberry, buah kurma, bluberry dan beberapa jenis buah berry lainnya. Untuk mendapatkan antioksidan tertinggi dari beberapa sumber antioksidan tersebut, sebaiknya Anda mengkonsumsinya langsung tapa pengolahan. Buah-buahan yang mengandung antioksidan tinggi bisa dikonsumsi langsung, hal ini jauh lebih baik karena kandungan antioksidannya tidak rusak atau hilang karena pengolahan.

Bagi Anda yang ingin awet muda dan tampil cantik secara alami, konsumsi beberapa buah yang mengandung antioksidan tinggi secara langsung. Pentingnya antioksidan bagi kecantikan dan kesehatan membuat banyak produk yang dijual dipasaran yang mudah dikonsumsi. Tapi, konsumsi suplemen atau obat yang mengandung antioksidan dalam jumlah yang berlebih bisa mempengaruhi kesehatan. Karena itu, cukupi kebutuhan antioksidan Anda dengan bahan makanan alami.

 

sumber gambar : http://www.annmariegianni.com/wp-content/uploads/2013/03/Antioxidants.jpg

Penulis : Gede Kurnia