Junk food

02 Jun 2015

Junk food

Enak, praktis, mudah diperoleh dan harga terjangkau. Itulah berbagai alasan orang-orang memilih makanan jenis ini sebagai alternatif di kala kesibukan dan rasa malas menghampiri. Junk food dianggap sebagai penolong disaat dalam rasa lapar di waktu kritis. Namun tahukan anda, junk food menyimpan bahaya jika dikonsumsi terus menerus dalam jangka panjang?

Inilah uraian bahaya dan mengapa anda harus beralih dari junk food:

1. Obesitas

Salah satu masalah gangguan kesehatan yang akan dihadapi oleh orang yang mengkonsumsi junk food adalah obesitas. Junk food sangat kaya akan lemak, garam, dan juga gula tambahan yang sulit untuk di cerna tubuh. Karena sulit untuk dicerna tubuh itulah maka zat makanan tersebut akan mengendap di tubuh dan menimbulkan obesitas atau kegemukan.

2. Depresi

Bagi anak-anak yang suka dengan makanan junk food sebaiknya segeralah untuk dihindari, karena mereka akan berpotensi untuk mengalami gangguan kesehatan mental yang kemudian berujung pada depresi.

3. Gangguan pencernaan

Karena junk food termasuk kedalam salah satu jenis makanan yang sulit untuk dicerna, maka kerja pencernaan Anda pun akan menjadi berat dan berakhir dengan gangguan pencernaan.

4. Kanker

Semua orang memiliki sel kanker dalam tubuhnya. Sel-sel ini bisa berkembang menjadi penyakit kanker apabila dipicu dengan makanan yang penuh dengan bahan kimia seperti hal nya junk food.

5. Mudah lelah

Terlalu banyak mengonsumsi junk food juga bisa membuat Anda mudah merasa lelah. Hal ini dikarenakan junk food rendah akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan aktivitas. Ketika cadangan nutrisi di dalam tubuh Anda kosong, maka Anda pun akan mudah merasa lelah.

6. Penyakit Jantung

Kandungan lemak yang tidaksehat pada junk food bisa mengganggu kesehatan jantung Anda. Lemak ini akan mengalir di sepanjang aliran darah yang kemudian berpusat di jantung. Apabila lemak bertumpuk maka bisa menyumbat saluran darah di jantung sehingga menyebabkan penyakit jantung yang bisa berujung dengan serangan jantung dan stroke.

7. Penyakit ginjal

Junk food mengandung sodium yang tinggi. Sodium ini bisa mempengaruhi keseimbangan natrium kalium di dalam tubuh yang pada akhirnya bisa menyebabkan penyakit ginjal.

8. Diabetes

Junk food ternyata juga mengandung kandungan gula tambahan. Gula ini mampu menyebabkan fluktuasi gula di dalam tubuh. Itulah kenapa pada akhirnya junk food bisa menyebabkan diabetes. Minuman ringan, biskuit, kue, dan permen mengandung gula yang tidak sedikit. Kendati secara tidak langsung berhubungan dengan penyakit jantung dan diabetes, kelebihan gula dapat mengakibatkan kegemukan atau obesitas pada usia muda.

Masalah kesehatan lainnya yang bisa disebabkan oleh kadar gula berlebihan adalah tooth decay atau kerusakan gigi, mengurangi level kolesterol berguna, meningkatkan kadar lemak dalam darah yang berhubungan dengan diabetes, dan penyakit jantung.

9. Penurunan fungsi otak

Dengan makan junk food, fungsi daripadaotak akan mengalami penurunan apabila Anda telalu banyak makan-makanan seperti ini. Hal ini bisa terjadi karena kandungan lemak berlebih yang ada di dalam junk food mampu merusak saraf dan membuat kerja otak melambat.

10. Liver berlemak

Liver merupakan salah satu organ tubuh manusia yang fungsinya adalah untuk menyaring lemak. Apabila Anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi, maka liver pun akan bekerja dengan keras yang pada akhirnya bisa menimbulkan penyakit. Hal ini tentu saja sangat berbahaya sebab tubuh Anda akan dipenuhi dengan lemak dan racun.

11. Masalah pada kulit dan tulang

Mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan gula seperti junk food, dapat menyebabkan bakteri yang berada di mulut menghasilkan asam yang dapat mengakibatkan kerusakan pada gigi serta menghancurkan enamel gigi, yang merupakan faktor terjadinya gigi berlubang. Ketika enamel gigi Anda hilang, tidak bisa diganti. Selain itu kandungan natrium yang berlebih dalam junk food juga dapat meningkatkan resiko terkena osteoporosis (tulang rapuh).Kerusakan kulit terjadi secara tidak langsung. Keriput, kulit kusam, mudah berjerawat adalah tanda-tanda awal masalah pada kulit karena terlalu banyak mengasup gula serta lemak.

12. Junk food memiliki kalori yang berlebihan

Makanan merupakan bahan bakar bagi tubuh kita. Ia memiliki dampak langsung pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Junk food kebanyakan merupakan makanan cepat saji yang didalamnya mengandung karbohidrat, gula, lemak sehat, dan garam (natrium). Satu porsi junk food menawarkan sejumlah besar kalori, akan  tetapi nilai gizi di dalamnya hanya sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali.

 

Penulis: Lingga Yuliana (Diolah dari berbagai sumber)