Hindari Hal Ini Agar Rambut Tidak Rontok

26 Jun 2015

Hindari Hal Ini Agar Rambut Tidak Rontok

Rambut Anda sering rontok, bahkan saat ini mengalami kebotakan? Rambut rontok memang menggangu penampilan, jika dibiarkan terus menerus rambut bisa botak.

Mengetahui penyebab rambut rontok adalah cara tepat untuk mencegah masalah ini. Rambut yang sehat tidak akan mengalami kerontokan, namun rambut yang kurang mendapatkan nutrisi sangat rawan dengan kerontokan dan kebotakan.


Penyebab dari masalah ini memang banyak, masing-masing orang mengalami kerontokan pada rambutnya biasanya terlihat saat mereka menyisir rambut. Saat menyisir biasanya mereka mendapati rambutnya berjatuhan atau patah, hal ini kadang dianggap masalah biasa. Namun, jika saat menyisir rambut terjadi kerontokan yang berlebih, hal ini perlu diwaspadai.

Sekalipun Anda sering melakukan perawatan di salon, rambut tetap bisa mengalami kerontokan. Karena itu mencegah lebih baik daripada mengobati dan mencegah kerontokan rambut dengan cara mengetahui penyebab rambut rontok adalah cara terbaik.

Berikut beberapa hal yang harus dihindari agar rambut tidak rontok.

 

  1. Rambut kurang nutrisi

    Bukan hanya kulit saja yang butuh nutrisi, namun rambut juga butuh nutrisi. Jika rambut cukup nutrisi maka pertumbuhannya semakin baik dan masalah rambut bisa dihindari. Rambut membutuhkan beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C dan juga vitamin E. Selain itu rambut juga butuh mineral dan protein. Untuk mendapatkan semua kebutuhan tersebut maka Anda harus mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan. Rambut yang kekurangan nutrisi akan mudah patah dan menimbulkan kerontokan.
     

  2. Sering ganti-ganti produk  perawatan rambut

    Ada cukup banyak produk perawatan rambut yang bisa Anda gunakan agar rambut sehat, namun jika sering ganti produk tersebut, hal ini justru merusak rambut. Pemakaian shampoo yang tidak sesuai bisa menimbulkan ketombe, kerontokan rambut bahkan kebotakan. Penyebab rambut rontok satu ini bisa dihindari dengan menggunakan produk perawatan rambut yang sesuai dan hindari pemakaian produk tersebut secara berganti-ganti. Jika Anda ingin mengganti produk perawatan rambut, pastikan Anda berkonsultasi dengan ahlinya.
     

  3. Sering mewarnai rambut

    Mewarnai rambut yang berlebihan atau Anda terlalu sering mengganti warna rambut, hal ini bisa menimbulkan kerusaka pada rambut. Jika rambut rusak, masalah kerontokan rambut akan mudah Anda alami. Beberapa produk yang digunakan untuk mewarnai rambut mengandung bahan kimia sehingga jika sering digunakan akan membuat rambut mudah rontok dan patah.
     

  4. Stres

    Stres menjadi penyebab rambut rontok, saat Anda mengalami banyak tekanan maka bukan hanya kesehatan yang terganggu, penampilan pun juga akan tergangu. Untuk mencegah rambut rontok, Anda harus berusaha menghindari yang namanya stres. Sekalipun banyak tekanan atau pikiran, usahakan untuk meluangkan waktu refresing sehingga Anda tidak mengalami stres.
     

  5. Kurang tidur

    Tidur yang cukup akan membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat, efek positif lainnya adalah bisa membuat kulit dan wajah menjadi lebih segar. Selain itu, tidur selama 7 jam membuat rambut Anda menjadi lebih sehat. Usahakan untuk tidur 7 hingga 8 jam berhari agar Anda mendapatkan rambut sehat dan terhindar dari kerontokan.
     

  6. Konsumsi obat-obatan berlebih

    Sering konsumsi obat-obatan adalah penyebab rambut rontok yang perlu diwaspadai. Jika memang harus mengkonsumsi obat dalam jangka waktu lebih lama, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter sehingga tidak menimbulkan masalah kesehatan dan kerontokan rambut.

 

Beberapa hal di atas bisa Anda hindari agar tidak mengalami kerontokan rambut. Dengan cara menghindari penyebabnya, Anda bisa mendapatkan rambut sehat dan lebih indah.

 

(sumber gambar: www.vemale.com)